MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK DI KELAS VIIA SMP NEGERI 10 PALU

Norma Deysi Mawarni

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan berakhir pada siklus II, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIIA SMP Negeri 10 Palu berjumlah 33 siswa, terdiri dari 16 laki-laki dan 17 perempuan. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn terhadap materi demokrasi dengan menggunakan metode diskusi kelompok di kelas VII SMP Negeri 10 Palu menunjukkan bahwa data awal hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi demokrasi yaitu memperoleh nilai awal 26,66%  anak yang memperoleh nilai. Hal ini mengalami peningkatan pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 66,66%, dan daya serap klasikal 65,33% dan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 80%, dan daya serap klasikal 82,66% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa siswa sudah mengalami peningkatan hasil belajar PKn pada materi demokrasi dengan baik. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa siswa sudah mengalami peningkatan hasil belajar PKn pada materi demokrasi dengan baik.

 

 

 

Kata Kunci: Metode Diskusi Kelompok, Hasil Belajar, Pembelajaran PKn.

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.