MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA KELAS X M SMA NEGERI 3 PALU PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH

Shofi Nurul Fath

Abstract


 

Tujuan dari penelitian ini adalah melihat perkembangan proses pembelajaran PKn dan meningkatkan partisipasi siswa dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe Question Student Have (QSH). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas pada kelas X M SMA Negeri 3 Palu yang berjumlah 30 siswa, sedangkan fokus penelitian adalah aktivitas guru, aktivitas siswa dan partisipasi siswa yang meliputi Keberanian bertanya, substansi pertanyaan, kemampuan siswa berpikir logis serta penggunaan bahasa yang baik dan benar. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Data dianalisa secara dekriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran aktif tipe Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran PKn. (2) Besarnya peningkatan partisipasi siswa dari hasil observasi siklus ke I 50% dan siklus ke II 71%. (3) Hasil observasi aktivitas guru siklus ke I 69% dan siklus ke II 87.5%; Aktivitas siswa siklus ke I 61% dan siklus ke II 89%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran aktif tipe Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas X M SMA Negeri 3 Palu pada pembelajaran PKn. Peneliti mengajukan saran dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe QSH dapat menjadi salah satu alternative bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran untuk meningkatkan dan mendapatkan partisipasi siswa.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Aktif; Question Student Have (QSH); Partisipasi siswa , Pembelajaran PKn.

.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.