PELAKSANAAN IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER INTEGRITAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Sukmawati Sukmawati

Abstract


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang menjadi leading sector dalam implementasi penguatan pendidikan karakter integritas siswa. Namun, kenyataannya mata pelajaran PPKn belum maksimal dalam menjalankan peran tersebut karena proses yang terjadi masih berorientasi pada pencapaian kognitif. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk mengkaji secara mendalam informasi tentang perencanaan penguatan pendidikan karakter integritas dalam pembelajaran PPKn di sekolah SMP Islam Athirah Makassar sebagai Pilot Project pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Hambatan yang dialami dalam pembelajaran berkaitan dengan waktu dimana siswa kadang terlambat pada saat pergantian mata pelajaran dimana sekolah ini menerapkan sistem moving class dan upaya yang dilakukan yaitu memberikan penambahan waktu untuk mempersiapkan segala persiapan pelajaran selanjutnya menerapkan metode belajar yang menarik yang dapat menarik perhatian siswa. Sedangkan sikap integritas siswa telah nampak ketika proses pembelajaran berlangsung di kelas maupun di luar kelas yaitu jujur, cinta pada kebenaran, anti korupsi, keadilan, bertanggung jawab, menepati janji, komitmen moral, dan konsisten.

Kata Kunci: Pendidikan, Karakter Integritas, Pembelajaran PPKn.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.