PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 PAMONA SELATAN
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 2 Pamona selatan. Lokasi pelaksanaan penelitian bertempat di SMAN 2 Pamona selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 60 orang siswa dan sampel sebanyak 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kedisiplinan dengan prestasi belajar siswa. Hal ini mengartikan bahwa dengan harga thitung = 0,993 di bandingkan ttabel sebesar 0,361% dengan taraf signifikan 5%. Sehingga thitung jauh lebih besar dari ttabel dengan konsekuensinya hipotesis alternative (Ha) diterima. Jika nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel maka antara variabel X berpengaruh signifikan terhadap variabel Y, maka perhitungan ini sesuai dengan hipotesis yaitu Ha diterima. Jadi kedua variabel tersebut ada pengaruh antara kedisiplinan siswa terhadap prestasi melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Kata kunci: Kedisiplinan; Prestasi Belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.