DAMPAK PENERAPAN FULL DAY SCHOOL PADA PEMBELAJARAN SISWA DI SMP NEGERI 14 PALU
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan dampak penerapan full day school pada pembelajaran siswa di SMP Negeri 14 Palu. Jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan full day school memiliki manfaat dan tujuan untuk perbaikan dan kepentingan pembelajaran siswa. Penerapan full day school di SMPN 14 Palu memiliki dampak positif dan negative. Dampak positifnya yaitu sekolah yang menerapkan system full day memiliki hari libur yang panjang sehingga guru dan siswa memiliki waktu berkumpul bersama keluarga di rumah. Penerapan full day school di SMPN 14 Palu juga dirancang untuk meningkatkan sisi keagamaan siswa dengan melakukan kegiatan seperti dzikir tiap hari jumat, ibadah bagi siswa beragama lain, sholat dzuhur dan ashar berjamaah. Sedangkan dampak negatifnya adalah siswa merasa kelelahan, bosan dan mengantuk sehingga tidak sedikit siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru dan keluar masuk kelas saat jam belajar berlangsung.
Kata Kunci : Dampak; Full Day School; Pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.