https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PERAN GURU PKn DALAM MENGEMBANGKAN PARTISIPASI SISWA DI SMP NEGERI 14 PALU | Fatmawati | EDU CIVIC

PERAN GURU PKn DALAM MENGEMBANGKAN PARTISIPASI SISWA DI SMP NEGERI 14 PALU

Sitty Fatmawati

Abstract


Abstrak:Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru PKn dalam mengembangkan partisipasi siswa di SMP Negeri 14 Palu dan bagaimana partisipasi siswa dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 14 Palu. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran Guru PKn dalam mengembangkan partisipasi siswa dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 14 Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru PKn dan siswa di SMP Negeri 14  Palu. Informan yang ditetapkan yakni 2 guru PKn dan 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Analisis untuk data angket menggunakan presentase, dan wawancara menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian di sekolah SMP Negeri 14 Palu Peran Guru PKn dalam mengembangkan partisipasi siswa dalam pembelajaran sudah sangat baik, dimana pada saat pembelajaran PKn berlangsung Guru selalu berupaya memberikan motivasi diawal pembelajaran agar siswa lebih bersemangat dan percaya diri, kemudian Guru juga menggunakan metode-metode yang kreatif agar siswa lebih aktif berpatisipasi. Salah satu contohnya Guru memberikan materi kepada siswa dengan menggunakan power point dengan latar yang menarik perhatian siswa berupa gambar dan warna warni yang menarik, kemudian menjelaskan materi tersebut dan melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang diberikan. Guru juga membentuk kelompok untuk membagi siswa ke beberapa bagian, memberikan tugas untuk dikerjakan bersama dan mempersentasekan tugas kelompok mereka didepan kelas dan Partisipasi siswa dalam pembelajaran PKn dikelas VII Sakura SMP Negeri 14 Palu sudah tergolong cukup baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator partisipasi yaitu mengenai kerjasama dan keterlibatan dalam kelompok, indikator mengajukan pertanyaan, berani memberikan tanggapan terhadap jawaban siswa lain, indikator memberikan kesimpulan, indikator menjawab pertanyan yang diajukan oleh Guru maupun siswa lain, indikator mengerjakan soal didepan kelas.

 

Kata Kunci : Peran Guru; Guru PKn; Partisipasi Siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.