MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL QUESTION STUDENT HAVE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES 1 TONDO
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres 1 Tondo. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif model Question Student Have pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres 1 Tondo. Rancangan penelitian mengikuti tahap yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas 4 komponen yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Inpres 1 Tondo dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan denganĀ analisis tes hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah: siswa yang tuntas 16 dari 30 siswa atau persentase ketuntasan klasikal sebesar 53,33% dan daya serap klasikal 70% , serta persentase rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 67,33% dengan kategori kurang. Pada siklus II siswa yang tuntas 26 dari 30 orang siswa atau ketuntasan klasikalnya 86,66% dan daya serap klasikal sebesar 70%, serta persentase rata-rata hasil belajar siswa adalah 8,43% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model Question Student Have pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 1 Tondo.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.