PEMANFAATAN SURAT KABAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN NO.3 MALEI

Djafar Rahman, Yusdin Bin Gagaramusu, Yun Ratna Langandesa

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui penggunaan media surat kabar di kelas IV SDN No.3 Malei. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui penggunaan media surat kabar di kelas IV SDN No.3 Malei. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 46,6%, namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian yakni 80%, maka dilanjutkan pada siklus II. Pada tindakan pelaksanaan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,3%, terdapat 14 siswa yang tuntas dari 15 siswa yang mengikuti tes dan terjadi peningkatan sebesar 46,7% dari hasil pelaksanaan siklus I. Aktivitas guru, meningkat dari 71,43% pada siklus I menjadi 94,28% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 73,33% pada siklus I menjadi 96,67% pada siklus II. Dengan demikian, dapatĀ  disimpulkan bahwa melalui penggunaan media surat kabar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi persebaran sumber daya alam di Indonesia di kelas IV SDN No.3 Malei

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.