https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 PALU | Tandi | Jurnal Dikdas

PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 PALU

Huber Yaspin Tandi, Huber Yaspin Tandi, Zul Nuraini, Zul Nuraini

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah  untuk melihat Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh  kedisiplinan terhadap perolehan  hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Palu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 40 orang siswa, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara  dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan teknik presentase, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan t-score.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 40 siswa kelas IV SDN 2 Palu ada 35 orang siswa atau 87,5 %  memiliki kedisiplinan yang tinggi dan 5 orang siswa atau 12,5 % memiliki kedisiplinan yang rendah. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan t-score diperoleh nilai   ini dikonsultasikan ke  dengan jumlah sampel penelitian 40 dan taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka diperoleh nilai  yaitu 1,684. Sehingga < atau 0,106907007<1,684.  berdasarkan kelaziman data penelitian kuantitatif, jika <  maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa Ha yang diajukan dalam penelitian ini ditolak, dan Ho diterima atau dapat dikatakan bahwa tidak ada pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas IV  SDN 2 Palu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.