PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN TIGA ANGKA MELALUI METODE BERMAINDI KELAS III SD INPRES 2 KAMONJI

Su Narti, Baharuddin Paloloang, Hj. Akina

Abstract


Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka dikelas III SD Inpres 2 Kamonji. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan penerapanmetode bermain. Dengan mengikuti alur model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, pencatatan lapangan dan dianalisis melalui (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi data.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan metode bermain yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka dikelas III SD Inpres 2 Kamonji. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 30 orang siswa, 16orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan.Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 71,43% berada dalam kategori cukup, pada siklus II nilai yang diperoleh guru rata-rata 92,86% berada dalam kategori sangat baik. Untuk hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,11%, berada dalam kategori cukup, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 91,11%, berada dalam kategori sangat baik. Hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata daya serap klasikal 73,56% serta ketuntasan belajar klasikal 70%. Pada siklus II nilai rata-rata daya serap klasikal 91,11% serta ketuntasan belajar klasikal 100%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai rata-rata ketuntasan belajar klasikal memperoleh nilai minimal 85%, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian pada materi pecahan dan urutannya melalui penerapan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas III SD Inpres 2 Kamonji


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.