HUBUNGAN KEAKTIFAN DIKELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V DI SDN 25 PALU

Pembeu Olfin, Laganing Najamuddin

Abstract


Hubungan keaktifan dikelas Dengan Hasil Belajar Siswa pada Kelas V di SDN 25 Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini yaitu penulis memberikan gambaran secara jelas dan rinci mengenai hubungan keaktifan dengan prestasi belajar siswa pada kelas V di SDN 25 Palu Kecamatan Palu Timur. Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek dan subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik untuk di pelajari dan kemudian ditarik kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas V di SDN 25 Palu Kecamatan Palu Timur, yang berjumlah 21 siswa. Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh data bahwa pengamatan aktivitas siswa, yang berada pada kategori sangat baik sebanyak 6 orang siswa, dan yang berada pada kategori baik sebanyak 15 siswa. Berdasarkan data hasil nilai rapor siswa masih terdapat 4 orang siswa yang memperoleh prestasi belajar yang belum mencapai ketuntasan, dengan peroleh nilai rata-rata hasil belajarnya, yaitu 55, 57, Bahwa tingkat keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran, memiliki hubungan yang sangat erat dengan pencapaian prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat pada Presentase keaktifan siswa yang tinggi, memiliki hubungan dengan prestasi belajar siswa yang tinggi. Apabila siswa berada pada kategori cukup dan kurang, maka akan terlihat prestasi belajar yang rendah pula. Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa hubungan keaktifan siswa dalam kelas dapat meningkatkan prestasi  belajar siswa di SDN 25 Palu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.