https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUDUT DI KELAS III SDN 8 PALU | Ny | Jurnal Dikdas

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUDUT DI KELAS III SDN 8 PALU

Ari Ny, Aki Na, Baharuddin Paloloang

Abstract


Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi sudut dikelas IIISDN8 Palu. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan penerapanmetode demonstrasi, yakni mempertunjukkan secara langsungĀ  bentuk dan nama sudut.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sudut dikelas IIISDN8 Palu. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 26 orang siswa, 11orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan.Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I diperoleh nilai 83,33% berada dalam kategori baik, pada siklus II nilai yang diperoleh guru 100% berada dalam kategorisangat baik. Sedangkan hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I memperoleh nilai 81,25%, berada dalam kategori baik, pada siklus II memperoleh nilai 97,92%, berada dalam kategorisangat baik. Hasil belajar pada siklus I nilai daya serap klasikal 70,38% serta ketuntasan belajar klasikal 73,08%. Pada siklus II nilai daya serap klasikal 87,69% serta ketuntasan belajar klasikal 96,15%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai rata-rata daya serap klasikal minimal 75% dan ketuntasan belajar klasikal memperoleh nilai minimal 80%, maka dapat disimpulkan bahwa penelitianpada materi sudut melalui penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.