https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BEAJAR SISWA DENGAN MENGGUNKAN METODE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV MIN MODEL PALU | Rafiqah | Jurnal Dikdas

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BEAJAR SISWA DENGAN MENGGUNKAN METODE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV MIN MODEL PALU

Aini Rafiqah, Arif Firmansyah, Has Din

Abstract


Permasalahan utama dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV MIN Model Palu. Subjek penelitian adalah  30 orang siswa terdiri atas 11 orang laki-laki dan 19 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes evaluasi hasil belajar siswa. Indikator kinerja untuk hasil belajar daya serap individual (DSI) 70% dan ketuntasan belajar klasikal (KBK) 85%. Hasil penelitian Pra tindakan KBK mencapai 60% , kemudian DSK mencapai 58,83%. Pada tindakan siklus I KBK 76,7 % DSK 71,2%. Pada tindakan siklus II KBK 86,7% dan DSK 88,7%. Berdasarkan hasil di atas terlihat peningkatan hasil belajar pada setiap pelaksanaan tindakan. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 85%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran  PKn di MIN Model Palu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.