PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA MEMERANKAN DRAMA MELALUI METODE SOSIODRAMA DI KELAS V SD ALKHAIRAAT TONDO
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini apakah melalui metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan siswa memerankan drama di kelas V SD Alkhairaat Tondo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa memerankan drama melalui metode sosiodrama di kelas V SD Alkhairaat Tondo. Penelitian dilaksanakan di SD Alkhairaat Tondo, melibatkan 37 orang siswa terdiri atas 19 orang laki-laki dan 18 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan diperoleh daya serap siswa 56,25% dan ketuntasan belajar klasikal 60,86%, pada tindakan siklus I diperoleh daya serap siswa 69,5% dan ketuntasan klasikal 51,35% perolehan ini meningkat pada tindakan siklus II dengan perolehan daya serap siswa mencapai 91,89% sedangkan ketuntasan belajar klasikal mencapai 78,24%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dengan nilai daya serap individu minimal 70 dan ketuntasan belajar klasikal sudah mencapai indikator keberhasilan minimal yaitu 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan siswa memerankan drama di kelas V SD Alkhairaat Tondo.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.