MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN TOBOLI

Nurfarida Siti, Karningsih Euis, Harun Abduh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN Toboli pada materi pemerintahan desa dan kecamatan melalui penggunaan mind mapping. Desain penelitian mengacu pada model yang dikemukakan oleh Kemmis dan McTaggart 4 komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi . Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Toboli dengan jumlah siswa 20  orang, terdiri dari laki-laki 7 orang dan perempuan 13 orang. Hasil PTK yang dilakukan di kelas IV SDN Toboli sebanyak dua kali, pada dasarnya penggunaan mind mapping dapat meningkatkan minat belajar siswa, didasari pada perolehan siklus satu, akan tetapi untuk peningkatan lebih berarti didasarkan pada siklus kedua, dimana tidak ada lagi siswa terlambat masuk kelas, keluar masuk kelas pada saat pembelajaran berkurang 5%, mengganggu teman berkurang 10%, tidak ada lagi siswa yang tidak lengkap alat belajar, siswa yang serius memperhatikan mencapai 90%, bekerjasama dalam kelompok 85%, keterbukaan mencapai 85%, kemampuan menjelaskan konsep pada mind mapping mencapai 75%, kemampuan memahami materi pada mind mapping 85%, mencatat penjelasan guru dan catatan guru dipapan tulis mencapai 90%, menyimak penjelasan guru dan teman ketika diskusi 85%, mengajukan pertanyaan mencapai 40%, merespon pertanyaan guru dan teman mencapai 40%, dan mengikuti postes dengan baik mencapai 100%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.