https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 3 TONDO | Suhardi | Jurnal Dikdas

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 3 TONDO

Suhardi Suhardi, Marungkil Pasaribu, Siti Nuryanti

Abstract


Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IVa SDN 3 Tondo pada mata pelajaran IPA. Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah Kurangnya varian model atau metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVa SDN 3 Tondo khususnya pada pokok bahasan struktur dan fungsi bagian tumbuhan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVa SDN 3 Tondo yang berjumlah 20 orang. Manfaat penelitian ini adalah memberikan sumbangan pemikiran dan tolok ukur kajian dalam penelitian selanjutnya, selain itu dapat memberikan peningkatan mutu pembelajaran melalui model pembelajaran NHT. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas siswa dan guru pada saat proses belajar-mengajar berlangsung, dan data kuantitatif berupa hasil belajar siswa melalui tes evaluasi akhir tindakan. Hasil siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal 65%, aktivitas guru sebesar 87% dan aktivitas siswa sebesar 78%. Selanjutnya pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 85%, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu 95% dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik sebesar 92% Berdasarkan indikator penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 3 Tondo Palu.

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Hasil Belajar IPA.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.