PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VI DI SDN 1 KALUKUBULA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Keseimbangan ekosistem dikelas VI SDN 01 Kalukubula. Rancangan penelitian tindakan kelas ini mengikuti model Kemmis dan Mc Taggar yang dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus melalui 4 tahap yaitu: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Observasi, dan 4) Refleksi. Jenis data diperoleh dari observasi data aktifitas guru dan observasi aktifitas siswa. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil siklus I diperoleh hasil belajar klasiskal berada pada kategori sedang yaitu 48,38%, aktivitas siswa berada pada kategori sedang yaitu 35,71% pertemuan pertama dan 60,71% pada pertemuan kedua berada pada kategori baik, sedang aktivitas guru berada pada kategori baik yaitu 67,85% pada pertemuan pertama berada pada kategori baik dan 92,85% pada pertemuan kedua berada pada kategori sangat baik. Hasil belajar siswa Siklus II diperoleh aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik yaitu 75% pertemuan pertama dan 100% pada pertemuan kedua berada pada katgori sangat baik, sedang aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu 92,85% pada pertemuan pertama dan 100% pada pertemuan kedua berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan indikator kinerja keberhasilan penelitian ini maka dapat disimpulkan dengan pendekatan sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI di SDN 1 Kalukubula.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Sains Teknologi Masyarakat.
Full Text:
UntitledRefbacks
- There are currently no refbacks.