MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN GARIS BILANGAN DI KELAS V SDN NO. 1 TALAGA

Annisa Marpudin, Mustamin Idris, Ibnu Hajar

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa kelas V SDN No. 1 Talaga pada materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan garis bilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan garis bilangan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDNNo. 1 Talaga pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiriatas 4 komponen yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, siklus I membahas tentang penjumlahan bilangan bulat, siklus II membahas tentang pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDNNo. 1 Talaga dengan jumlah siswa 35 orang yang terdiri dari 22 orang laki-laki dan 13 orang  perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data kualitatif yang di peroleh dari siswa dan guru serta data kuantitatif yang didapat dari hasil evaluasi. Dari hasil penelitian diperoleh hasil tes tindakan siklus I yaitu tuntas klasikal sebesar 88,57%. Selanjutnya hasil observasi aktifitas guru dan siswa pada siklus I masing-masing dalam kategori baik. Tindakan pada siklus II ketuntasan klasikal 91,42%. Sedangkan aktifitas guru dan siswa pada siklus II masing-masing masuk dalam kategori baik. Berdasarkan perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan garis bilangan dapa tmeningkatkan hasil belajar siswakelas V SDN No. 1 Talaga pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Garis Bilangan, Penjumlahan dan Pengurangan

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.