https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD ADVENT OLOBARU KECAMATAN PARIGI SELATAN DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW | Rumoroy | Jurnal Dikdas

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD ADVENT OLOBARU KECAMATAN PARIGI SELATAN DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Eveline Rumoroy, Bonifasius Saneba, Charles Kapile

Abstract


Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran IPS Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Advent Olobaru? Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran IPS dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Advent Olobaru. Jumlah siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 14 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian dan analisis data,dapat disimpulkan bahwapada  siklus I diperoleh ketuntasan belajar individu 8 siswa dari jumlah 14 siswa, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 57,14% dan daya serap klasikal sebesar 64, 28%. Siklus II diperoleh siswa yang tuntas belajar individu 12 siswa dai 14 siswa, dengan jumlah persentase ketuntasan klasikal sebesar 85,71%dan daya serap klasikal sebesar 75%. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa  penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPSdengan pokok bahasan Peran Tokoh Pejuang Dalam Persiapan Kemerdekaan di kelas V SD Advent Olobaru.

 

Kata Kunci : Kooperatif, Tipe Jigsaw, IPS, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.