MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) DI KELAS IV SDN NO. 1 NUPABOMBA
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Terdiri beberapa aspek perlakuan dan pengamatan utama yaitu peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN No. 1 Nupabomba? Penelitian dilaksanakan di SDN No. 1 Nupabomba, melibatkan 22 orang siswa terdiri atas 10 orang laki-laki dan 12 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian Pra tindakan KBK mencapai 36,36% , kemudian DSK mencapai 50,45%. Pada tindakan siklus I KBK 68,18% DSK 75,45%. Pada tindakan siklus II KBK 90,90% dan DSK 92,27%.
Berdasarkan hasil di atas terlihat peningkatan hasil belajar pada setiap pelaksanaan tindakan. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 65% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn di SDN No. 1 Nupabomba.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Kooperatif tipe STAD, PKn
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.