https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
MENINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN NO. 3 TONDO | Ifrida | Jurnal Dikdas

MENINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN NO. 3 TONDO

Ifrida Ifrida

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan motivasi  belajar siswa kelas IV SDN NO.3 Tondo dengan menggunakan metode Tanya jawab. Dengan tujuan menggambarkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN NO.3 Tondo Kecamatan Sirenja dalam pelajaran IPS melalui penggunaan metode Tanya jawab. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data, untuk mengolah data yang objektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan evaluasi. Setting penelitian ini di laksanakan di SDN NO. 3 Tondo Kecamatan Sirenja dengan jumlah 33 orang siswa. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes belajar siswa. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi guru dan motivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode tanya jawab. Berdasarkan hasil observasi siswa diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa pada observasi sebelum tindakan banyak siswa yang meningkat motivasinya  9 orang dengan persentase 27,27 %, siklus I banyak siswa yang meningkat 14 orang dengan persentase 42,42 %. Karena belum mencapai 80 % siswa yang meningkat maka penelitian ini dilanjutkan dengan siklus II siklus ini banyak siswa yang meningkat 29 orang dengan persentase 87,87 %. Berdasarkan banyak siswa yang meningkat tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan metode tanya jawab pada pelajaran IPS di kelas IV dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN No. 3 Tondo.

Kata kunci       : Metode Tanya jawab dan Motivasi Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.