PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENYEBAB BENDA BERGERAK DI KELAS I SD KECIL PANGI KECAMATAN PARIGI UTARA KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yangdilaksanakan di SD Kecil Pangi, melibatkan 10orang siswa terdiri atas 4 oranglaki-laki dan 6 orang perempuanyang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012.Penelitian inimenggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 60% dan daya serap klasikal 65%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100% dan daya serap klasikal 90%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 65% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80%.
Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I pada pembelajaran IPA pokok bahasan penyebab benda bergerak di SD Kecil Pangi.
Kata kunci: Peningkatan Hasil belajar Siswa, Metode Demonstrasi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.