https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI ISI CERITA MELALUI METODE DISKUSI SISWA KELAS IV SDN NO. 2 TIBO KEC. SINDUE TOMBUSABORA | Patris | Jurnal Dikdas

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI ISI CERITA MELALUI METODE DISKUSI SISWA KELAS IV SDN NO. 2 TIBO KEC. SINDUE TOMBUSABORA

Jen Patris

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan memahami cerita dapat ditingkatkan melalui metode diskusi siswa kelas IV SDN No. 2 Tibo Kec. Sindue Tombusabora. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami isi cerita melalui metode diskusi di kelas IV SDN No. 2 Tibo Kec. Sindue Tombusabora yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang direncanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu: a) Perencanaan, b) Pelaksanaan tindakan, c) Observasi d) Refleksi. Hasil penelitian pada siklus I didapatkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 71%, aktivitas guru berada pada kategori cukup yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas guru 75% dan aktivitas siswa berada pada kategori cukup yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas siswa 72%. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 86%, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu 97%, dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik yaitu 96%. Berdasarkan indikator keberhasilan, maka dapat disimpulkan bahwa Kemampuan siswa memahami isi cerita meningkat dengan menggunakan metode diskusi.  Kepada tenaga pendidik (guru) kiranya dapat memilih metode diskusi dalam kegiatan pembelajaran sebagai alternatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam memahami isi cerita.

Kata kunci : metode diskusi, kemampuan siswa memahami isi cerita.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.