STUDI ANALISIS KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 1 TARIPA KECAMATAN PAMONA TIMUR
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kesulitan belajar di SDN 1 Taripa terhadap prestasi yang di capai siswa di sekolah. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru, sedangkan jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh melalui angket/kuisioner dan wawancara. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Data yang dikumpulkandianalisisdengandeskriptifkualitatif, dalambentukpersentase, sedangkan untukmengihitungpersentasenilaidariinstrumenpenelitianpeneliti menggunakanrumus:
P = X 100%. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Taripa yang berjumlah 36 siswa, yang terdiri atas 24 siswa laki-laki, dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian di SDN 1 Taripa menunjukan bahwa 22,59% siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari guru, dan 54,63% siswa kadang-kadang mendapat bimbingan belajar dari guru. Berdasarkan kriteria keberhasilan siswa menurut Mustaqin dan Abdul Wahid bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi belajar yaitu, kemampuan pembawaan, kondisi phisik orang yang belajar, kemauan belajar, sikap terhadap guru, bimbingan, dan ulangan, serta cara guru mengajar di kelas.
Kata kunci: Kesulitan Belajar, Prestasi BelajarFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.