Penerapan Strategi Role Playing Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa SDN Siney

Rahayu Rahayu, Arif Firmansyah

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN Siney. Tujuan peneitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Siney dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. pada tes awal siswa yang tuntas 3 orang dengan presentase ketuntasan klasikal 25% dan daya serap klasikal 58,3% pada siklus I siswa yang tuntas 8 orangdengan presentase ketuntasan klasikal 66% dan daya serap klasikal 67,5%. Hasil observasi aktivitas siswa sebesar 60% dan hasil observasi aktivitas guru sebesar 66%. Pada siklus II siswa yang tuntas mningkat menjadi 12 orang siswa dengan presentase tuntas klasikal 100% dan daya serap klasikal 87,5% . Hasil observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 74% dan hasil observasi untuk aktivitas guru meningkat menjadi 80%. Berdasarkan daya serap klasikal minimal 65%  dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80%  pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di SDN Siney.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.