Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui NHT pada Materi Operasi Hitung Campuran SDN 11 Palu
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode Sosiodrama di SD Inpres 3 Tondo. Bentuk penelitian ini adalah PTK Rencana Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan 2 siklus yang terdiri dari: (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi (4) Refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 3 Tondo yang berjumblah 37 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan metode bermain drama dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada hasil tes asai yang diberikan pada siklus 1 dimana diperoleh daya serap klasikal 56,52% dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 60,86% dan pada siklus ke II diperoleh daya serap klasikal 78,24% dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 91,89% berdasarkan indikator kinerja penelitian , maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Hasil Belajar, Model Pembelajaran; NHT; Operasi Hitung Campuran;
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.