MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V SD INPRES TAVANJUKA (dibimbing oleh Herlina dan Hasdin)
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SD Inpres Tavanjuka. Alternatif pemecahan masalah adalah pemanfaatan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Penelitian ini dilakukan bersiklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Tavanjuka yang berjumlah 37 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar aktivitas siswa dan guru (observasi), tes hasil tindakan, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan yang cukup berarti dari siklus I ke siklus II. Tes hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 59,46% dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan pada ketuntasan belajar yaitu 91,89%. Hal ini menunjukkan persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 32,43%. Hasil daya serap klasikal pada siklus I adalah 70,59% dan siklus II daya serap klasikal adalah 80,81% hal ini menunjukkan persentase peningkatan hasil belajar PKn dari siklus I ke siklus II sebesar 10,22%. Berdasarkan indikator kinerja, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together yang dilakukan dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Inpres Tavanjuka.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Numbered Heads Together
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.