https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MEDIA GAMBAR DI SDN INPRES 3 TALISE PALU (dibimbing oleh Huber Yaspin Tandi dan Arif Firmansyah) | Makudja | Jurnal Dikdas

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MEDIA GAMBAR DI SDN INPRES 3 TALISE PALU (dibimbing oleh Huber Yaspin Tandi dan Arif Firmansyah)

Setna Makudja

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPS. Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa diakibatkan oleh model pembelajaran yang digunakan oleh guru selama proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Inpres 3 Talise Palu yang berjumlah 38 orang yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang diperoleh dalam kegitan belajar mengajar dengan lembar observasi siswa dan guru. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil pekerjaan siswa mengerjakan tes.Berdasarkan orientasi awal yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar kelas IV SDN Inpres 3 Talise Palu tergolong rendah. Hasil analisis tes pembelajaran sebelumnya, siswa yang tidak tuntas 29 orang dari 38 orang siswa, presentase ketuntasan klasikal sebesar 23,68%. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Tes hasil tindakan siklus I dari 38 siswa, yang tuntas 22 siswa dan 16 siswa yang belum tuntas, diperoleh nilai rata-rata 63,5%, dengan skor perolehan tertinggi yaitu 81, dan skor perolehan terendah 42, dengan ketuntasan klasikal 57,89%. sedangkan untuk siklus II diproleh peningkatan yang sangat signifikan yaitu siswa yang tuntas 32 dari 38 siswa, dan 5 siswa yang tidak tuntas. Diperoleh nilai rata-rata 70,63%, dan skor perolehan tertinggi 85 dan skor terendah 61, dengan ketuntasan klasikal 86,84%. berdasarkan indikator kinerja, disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Inpres 3 Talise Palu.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.