Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Balaesang

Efi Efi, Darsikin Darsikin, Sahrul Saehana

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara kelompok siswa yang diberi perlakuan metode Mind Mapping dengan kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan model konvensional pada kelas X SMA Negeri 2 Balaesang. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Balaesang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes esai yang telah divalidasi. Persentase rata-rata keterampilan berpikir kreatif yang mengikuti metode Mind Mapping adalah 67,35% yang berkriteria kreatif dan persentase rata-rata yang mengikuti pembelajaran konvensional adalah 63,39% yang berkriteria kreatif. Hasil perhitungan statistik dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan harga thitung sebesar 0,90 dan ttabel  2,00 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 72. Disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kreatif siswa yang mengikuti metode Mind Mapping dengan pembelajaran konvensional pada kelas X SMA Negeri 2 Balaesang.

Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Keterampilan Berpikir Kreatif


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats