Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Suhu dan Kalor Pada Siswa Kelas X Man 1 Palu
Abstract
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media video terhadap peningkatan pemahaman konsep suhu dan kalor pada siswa kelas X MAN 1 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah “Quasi-Eksperimental” dengan desain “Equivalent Control Group Design”. Sampel penelitian yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep dalam bentuk essay tes. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor pre-test adalah 39,31 dengan standar deviasi 10,15 dan rerata skor post-test adalah 61,90 dengan standar deviasi 12,52. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor pre-test adalah 27,04 dengan standar deviasi 9,59 dan rerata skor post-test adalah 41,48 dengan standar deviasi 9,84. Berdasarkan hasil pengujian N-Gain untuk kelas eksperimen berada berada dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 38,00% dan untuk kelas kontrol berada dalam kategori rendah dengan nilai N-Gain sebesar 19%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel (6,75 > 1,67 ). Hal ini berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media video terhadap peningkatan pemahaman konsep suhu dan kalor pada siswa kelas X MAN 1 Palu.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep Fisika, Media Video.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats