Konsistensi Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Fisika untuk Konteks yang Berbeda
Abstract
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsistensi penalaran siswa dalam pemecahan masalah fisika untuk konteks yang berbeda. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 6 orang siswa. Data diperoleh melalui Tes Seleksi Responden (TSR), tes esay dan wawancara. TSR terdiri atas 20 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Tes esay terdiri atas 6 butir yang dikerjakan responden dan terakhir adalah kegiatan wawancara. Data penelitian dianalisis melalui pendekatan deskriptif-kualitatif dengan merujuk pada penalaran dalam pemecahan masalah menurut Subaer yang dikaji dari pemecahan masalah menurut Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsistensi penalaran siswa kurang dalam hal ketepatan maupun ketidaktepatan pada konsep fisika yaitu pemuaian, perpindahan kalor secara konduksi, dan perpindahan kalor secara konveksi. Pemecahan masalah untuk tahap mengumpulkan fakta, membangun dan menetapkan asumsi, serta menilai dan menguji asumsi yang dilakukan oleh siswa dalam kategori rendah.
Kata Kunci : Konsistensi, penalaran, pemecahan masalah fisika, konteks yang berbeda
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats