https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri 14 Palu | Kurniawan | JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri 14 Palu

Moh Kurniawan, I Komang Werdhiana, Marungkil Pasaribu

Abstract


Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar fisika siswa SMP Negeri 14 Palu. Jenis penelitian ini adalah kuasi- eksperimen dengan rancangan prates - pascates yang tidak ekuivalen. Penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu kemudian dibagi menjadi dua kelas yaitu VIIIB1 dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB3 dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil analisa data diperoleh rerata skor kelas eksperimen adalah 12,87 dan standar deviasi 3,06 untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor yaitu 11,16 dan standar deviasi 2,79. Hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan Uji-t (dua pihak).  Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung= 2,57 lebih besar dari dari ttabel = 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa thitung barada diluar daerah penerimaan H0. Sehingga, hipotesis yang menyatakan hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran TAPPS lebih baik daripada hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model konvensional. Maka dapat disimpulkan hasil belajar fisika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TAPPS lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci: Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Hasil Belajar Fisika.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats