https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Mind mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Sisw Pada Konsep Gerak Lurus di SMA Negeri 1 Ampibabo | Lapasere | JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Mind mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Sisw Pada Konsep Gerak Lurus di SMA Negeri 1 Ampibabo

Sisriawan Lapasere, Marungkil Pasaribu, Yusuf Kendek

Abstract


Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis mind mapping dengan kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada konsep gerak lurus siswa kelas X SMA Negeri 1 Ampibabo. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan equivalent preetest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ampibabo. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X D sebagai kelas kontrol. Instrumen keterampilan berpikir kritis siswa adalah tes berbentuk essay yang telah divalidasi oleh validator ahli yaitu Dr. Marungkil Pasaribu, M.Sc. Hasil analisa data diperoleh rerata skor kelas eksperimen adalah 18,61, standar deviasi 2,97 dan daya serap 74,44% berada pada kategori kritis, untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor yaitu 15,51, standar deviasi 2,57 dan daya serap 62,04% berada pada kategori cukup kritis dari jumlah total skor yaitu 25. Berdasarkan uji hipotesis (uji-t dua pihak) diperoleh thitung  = 3,74 dan tTabel  = t(1-1/2α)  pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2) = 36 + 37 -2 = 71, diperoleh t0,95(71) = 2,00. Harga thitung (3,74) > ttabel (2,00) maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooparatif tipe STAD berbasis mind mapping terhadap keterampilan berpikir kritis pada konsep gerak lurus siswa kelas X SMA Negeri 1 Ampibabo.

 

Kata Kunci: Kooperatif tipe STAD, Mind mapping, Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats