Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbasis Mind Maping terhadap Hasil Belajar Fisika pada Pokok Bahasan Cahaya di SMP Negeri 18 Palu

Niluh Suwaningsih, Marungkil Pasaribu, Darsikin Darsikin

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikasi perbedaan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD Mind Maping dan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan Cahaya di SMP N 18 Palu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 18 Palu tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen berbasis kuasi dengan equivalent pretest-posttest design. Populasi dalam  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palu tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 7 kelas. Jumlah sampel penelitian adalah 44 orang terdiri dari 22 orang siswa kelas eksperimen menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis Mind Mapping dan 22 orang siswa menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar Fisika dalam bentuk tes pilihan ganda berjumlah 20 soal telah divalidasi melalui validitas Ahli dan validitas tes. Rata-rata tes akhir kelas eksperimen sebesar 7,82 dengan standar deviasi sebesar 2,98 dan kelas kontrol sebesar 4,32 dengan standar deviasi sebesar 2,51. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak untuk menguji perbedaan rerata skor hasil belajar siswa dengan signifikansi  0,05. Hasil analisis data diperoleh nilai thitung = (1,73) > ttabel = (1,68). Hal tersebut berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Dengan demikian disimpulkan bahwa, terdapat perbedan hasil belajar fisika pada pokok bahasan Cahaya antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Mind Mapping dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD.

 

Kata Kunci  : Pembelajaran Kooperatif, STAD,  Mind Mapping, Hasil Belajar.

Full Text: PDF

DOI: 10.22487/j25805924.2017.v5.i2.8405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats