https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Pengaruh Model Learning Start With A Question Berbasis Eksperimen Sederhana terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X Man 2 Model Palu | Vani | JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Pengaruh Model Learning Start With A Question Berbasis Eksperimen Sederhana terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X Man 2 Model Palu

Siti Vani, Fihrin Fihrin, Syamsu Syamsu

Abstract


Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang diajarkan model Learning Start with a Question berbasis eksperimen sederhana dengan siswa yang diajarkan model Learning Start with a Question tanpa eksperimen sederhana di kelas X MAN 2 Model Palu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi menggunakan desain the non ekuivalen prestest-postest design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen ke-1 dan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen ke-2. Instrumen yang digunakan

berupa tes pemahaman konsep fisika dalam bentuk tes esai berjumlah 8 soal yang telah divalidasi melalui validitas ahli. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor pretest pemahaman konsep fisika siswa kelas eksperimen ke-1 adalah 9.40 dengan standar deviasi 1.96, untuk rerata skor posttest adalah 25.77 dengan standar deviasi 2,86. Untuk kelas eksperimen ke-2 diperoleh rerata skor pretest 9.59 dengan standar deviasi 2.26, sedangkan untuk rerata skor posttest adalah 21,50 dengan standar deviasi 2,64. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t satu pihak untuk menguji perbedaan rerata skor pemahaman konsep fisika siswa dengan taraf signifikan α=0,05. Diperoleh nilai hasil thitung = 5.53 dan ttabel = 1.68. Ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, ada perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang diajarkan model Learning Start with a Question berbasis eksperimen sederhana dengan siswa yang diajarkan model Learning Start with a Question tanpa eksperimen sederhana di kelas X MAN 2 Model Palu.

 

Kata Kunci: Learning Start with a Question, Eksperimen sederhana, Pemahaman konsep fisika


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats