Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Berbantuan Media Video Pembelajaran Fisika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di SMA Negeri 4 Palu
Abstract
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery berbantuan media video pembelajaran fisika dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain equivalent pretest-posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X MIA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelompok kontrol. Instrumen keterampilan berpikir kreatif siswa berupa tes essai yang telah divalidasi oleh validator. Hasil perhitungan N-gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 40,37 % dan untuk kelas kontrol sebesar 26,93 %. Hal ini menunjukan bahwa nilai N-gain pada kelas ekperimen termasuk dalam kategori sedang dan nilai N-gain pada kelas kontrol termasuk dalam kategori rendah. Hasil perhitungan statistik pengujian hipotesis menggunakan uji-t (dua pihak) diperoleh thitung = 2,52 dan ttabel(0.975)(64) = 2,00 pada taraf nyata α = 0,05. Hal ini berarti bahwa nilai thitung berada di luar daerah penerimaan Ho. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery berbantuan media video pembelajaran fisika dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMA Negeri 4 Palu.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery, Media Video, Keterampilan Berpikir Kreatif.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats