Pengaruh Penerapan Pembelajaran Blended Cooperative E-Learning Terhadap Self-Efficacy dan Curiosity Siswa dalam Pelajaran Fisika di SMA Karuna Dipa Palu

Muhammad Jarnawi, Ketut Alit Adi Untara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran blended cooperative e-learning terhadap self-efficacy  dan curiosity siswa dalam pelajaran fisika di SMA Karuna Dipa Palu sampel terdiri dari 20 siswa, 10 siswa pada kelas eksperimen dan 10 siswa pada kelas kontrol. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan angket, tes tertulis lembar observasi serta dokumentasi. Data utama diambil dengan menggunakan angket self-efficacy, angket curiosity serta tes tertulis.  Angket self-efficacy digunakan untuk mengambil tanggapan kepercayaan diri siswa, angket curiosity digunakan untuk mengambil tanggapan rasa ingin tahu siswa dari pengaruh pelaksanaan pembelajaran blended cooperative e-learning sedangkan tes tertulis digunakan untuk mengambil data hasil belajar siswa. Lembar observasi dan dokumentasi digunakan sebagai data pendukung. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t rerata melalui analisis statistical product and service solution. Nilai sig yang digunakan sebesar (sig) 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran blended cooperative e-learning terhadap self-efficacy dan curiosity siswa, 2) terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran blended cooperative e-learning terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Blended Cooperative e-learningSelf-efficacy, Curiosity, Hasil Belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats