KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU PADA MATERI KELISTRIKAN (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Tadulako Tahun Angkatan 2014)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada materi listrik dinamis. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika tahun angkatan 2014 berjumlah 20 orang. Data diperoleh melalui tes berpikir kritis dan wawancara. Tes berpikir kritis terdiri dari 5 butir pertanyaan yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing indikator berpikir kritis yang diteliti berada pada kategori sangat kurang kritis. Indikator menganalisis memperoleh nilai tertinggi dari ke lima indikator berpikir kritis yang digunakan.
Kata Kunci: Berpikir Kritis; Kelistrikan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats