Penerapan Model Pembelajaran Kooperatife Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu

Mawarsih Mawarsih, Syamsu Syamsu, H. Kamaluddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep fisika antara siswa yang mengikuti model pembelajarankooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dengan yang mengikuti pembelajaran langsung di kelas X SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain “The Equivalent Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pemahaman konsep berupa tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes awal adalah 5,77 dan untuk tes akhir adalah 8,10. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata  skor tes awal 5,83  dan untuk tes akhir 6,97. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel ( 3,13 > 1,68). Hal ini berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu.

 

Kata Kunci : Model pembelajaran Kooperatif, Student Facilitator and Explaining, Pemahaman Konsep


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats