Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Multimedia Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Tekanan Zat Cair di SMPN 18 Palu

Julianti Julianti, Unggul Wahyono, Sahrul Saehana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan multimedia terhadap pemahaman konsep siswa pada materi tekanan zat cair di SMPN 18 Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan the non-equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 18 Palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen. Instrumen pemahaman konsep berupa tes essai yang telah divalidasi oleh validator. Rata-rata pemahaman konsep yang mengikuti modell pembelajaran project based learning berbantuan multimedia adalah 54,34 yang berkriteria sedang dan rata-rata yang mengikuti model project based learning tanpa bantuan multimedia adalah 44,78 juga yang berkriteria sedang. Berdasarkan uji N-Gain bahwa rata-rata pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model project based learning berbantuan multimedia lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model project based learning tanpa bantuan multimedia. Hasil perhitungan statistik dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan harga thitung sebesar 2,31 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = 44 adalah 1,68. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning berbantuan multimedia terhadap pemahaman konsep fisika siswa pada materi tekanan zat cair di SMPN 18 Palu.

Kata Kunci: Project Based Learning, Multimedia, Pemahaman Konsep, Tekanan Zat Cair


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats