Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving pada siswa kelas XMIPA 4 SMA Negeri 5 Palu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara bersiklu

Nursefriani Nursefriani, Marungkil Pasaribu, Kamaluddin Kamaluddin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif yang datanya berupa fakta-fakta yang ada mengenai Pemahaman Konsep Pada Materi Hukum Newton  dengan menggunakan CRI (Certainty Of Response Index). Sampel yang diambil berjumlah 66 siswa terdiri dari  kelas Xa, XI IPA1, XII IPA 1 SMA Lab-School Palu. Alat pengumpul data yang digunakan adalah soal-soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah terseleksi melalui uji validitas. Siswa menjawab soal tersebut dengan pembubuhan angka CRI (0-5) sesuai dengan tingkat kepercayaan siswa disertai alasan. Siswa dapat dinyatakan mengalami  miskonsepsi, paham konsep atau tidak tahu konsep dengan cara membandingkan benar tidaknya jawaban pertanyaan yang diberikan dengan nilai CRI yang diisi siswa. Hasil yang di peroleh pada  penelitian ini untuk pemahaman konsep siswa tentang hukum Newton adalah 25 %, miskonsepsi 28,56 %, dan tidak mengetahui konsep 46,44%.

Kata Kunci : pemahaman konsep, hukum Newton.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats