Perbedaan Hasil Belajar Fisika Antara Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Model Direct Intruction pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Palu

Taufik Kurahman, Muhammad Ali, Marungkil Pasaribu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika antara menggunakan model Problem Based Learning dengan model Direct Intruction pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain “The Non Equivalen Pretest-Posttest Design”. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik “purposive sampling”, dimana kelas VII B2 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang sebagai kelas eksperimen pertama dan kelas VII B3 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang sebagai kelas eksperimen kedua. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data pretest, kelas eksperimen pertama memperoleh skor rata-rata sebesar 5,89 dengan standar deviasi sebesar 2,04, sedangkan kelas eksperimen kedua memperoleh skor rata-rata sebesar 5,86 dengan standar deviasi sebesar 1,99. Hasil uji kesamaan dua rata-rata menunjukan bahwa sebelum diberi perlakuan tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua. Sedangkan berdasarkan hasil analisis data posttest, kelas eksperimen pertama memperoleh skor rata-rata sebesar 15,89 dengan standar deviasi sebesar 2,24, sedangkan kelas eksperimen kedua memperoleh skor rata-rata sebesar 13,95 dengan standar deviasi sebesar 2,13. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung(2,985) > ttabel(2,017). Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara menggunakan model Problem Based Learning dengan model Direct Intruction pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Palu. Terdapatnya perbedaan hasil belajar fisika antara kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua diduga karena antara model Problem Based Learning dan model Direct Intruction memiliki proses atau tahap pembelajaran yang berbeda.

 

Kata kunci : Model Problem Based Learning, Model Direct Intruction, Hasil Belajar Fisika.

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats