https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penerapan Pendekatan Starter Experiment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Dolo | Lapangandong | JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Penerapan Pendekatan Starter Experiment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Dolo

Rizka Mentari. Lapangandong, Muhammad Ali, Amiruddin Kade

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Dolo. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika. Alternatif pemecahan masalah adalah menerapkan pendekatan pembelajaran Starter Experiment. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Dolo, dengan jumlah siswa 25 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian dari model Kemmis & Mc. Taggart, yang meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (ii) pelaksanaan tindakan (iii) observasi (iv) refleksi. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang diperoleh dalam kegiatan belajar mengajar berupa observasi dan wawancara. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan aktivitas guru siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan siklus II hasil aktivitas siswa berada pada kategori baik dan aktivitas guru juga berada pada kategori baik dan siklus III hasil observasi aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik dan aktivitas guru berada pada kategori sangat baik. Sedangkan data kuantitatif adalah data hasil belajar yang diperoleh dengan tes. Hasil belajar siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 40% dan daya serap klasikal sebesar 65,07%.Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 60% dan daya serap klasikal sebesar 70,93%. Pada siklus III diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 84% dan daya serap klasikal sebesar 80,00%. Ketuntasan yang diperileh pada siklus III telah memenuhi standar indikator yang telah ditetapkan yaitu di atas 70%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan pembelajaran Starter Experiment dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Dolo.

Kata Kunci     : Pendekatan Starter Experiment, Hasil Belajar Fisika


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats