https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI IPA SMA GKST Palu | Kopi | JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI IPA SMA GKST Palu

Elsa Krisye Natalia Kopi, Yusuf Kendek, H. Muhammad Ali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA GKST Palu. Kelas XI IPA ini memiliki 14 siswa yang terdiri 6 siswa laki – laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini mengikuti rancangan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus melalui 4 tahap, yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada siklus I didapatkan ketuntasan klasikal 100 % dan daya serap klasikal sebesar 98,67 %. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 100 % dan daya serap klasikal sebesar 99,00 %. Pada siklus I dan II untuk ketuntasan klasikal yang didapatkan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu diatas 80 %. Hasil observasi siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 64,28 % dan pertemuan 2 sebesar 75,00 %. Pada siklus II hasil observasi siswa sebesar 89,28 %. Hasil observasi siswa pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II dan berada pada kateori sangat baik. Sedangkan untuk hasil observasi guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 71,86 % dan pertemuan 2 sebesar 78,13 %. Pada siklus II hasil observasi guru sebesar 90,62 %. Hasil observasi guru yang diperoleh memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan persentasi dari siklus I ke siklus II hingga berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan indikator maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa.

 

Kata Kunci : hasil belajar fisika, model pembelajaran penemuan terbimbing.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats