PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 5E TERHADAP PERUBAHAN KONSEP TENTANG HUKUM NEWTON PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PALU

Fitriani Yusuf, Jusman Mansyur, Fihrin Fihrin

Abstract


Abstrak – Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran 5E terhadap perubahan konsep tentang hukum Newton pada siswa Kelas X SMA Negeri 6 Palu. Desain penelitian adalah “The Non Equivalen Pretest-Posttest Design”. Populasi penelitian adalah seluruh siswa (n=84) kelas X pada SMA Negeri 6 Palu. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XD (n=14 sebagai kelas eksperimen) dan Kelas XC (n=16 sebagai kelas control). Instrumen penelitian adalah tes pemahaman konsep dan lembar observasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik nonparametrik dengan uji U Mann-Whitney pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran 5E terhadap perubahan konsep Hukum Newton siswa SMA Negeri 6 Palu.

Kata Kunci: model pembelajaran 5E, perubahan konsep.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats