https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA | Djupanda | JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA

Hisdamayanti Djupanda, Yusuf Kendek, I Wayan Darmadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif.  Subyek penelitian ini terdiri dari 30 siswa  Kelas XI MIA 5 SMA N 4 Palu. Data diperoleh melalui tes berpikir kreatif, tes pemecahan masalah dan wawancara. Tes berpikir kreatif terdiri dari 8 butir pertanyaan yang telah divalidasi oleh ahli. Tes pemecahan masalah terdiri atas 5 butir yang dikerjakan responden dan  diikuti dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing aspek berpikir kreatif punya cara yang berbeda dalam memecahkan masalah fisika, khusus aspek elaborasi responden menunjukkan hasil yang lebih baik dalam memecahkan masalah dibandingkan aspek berpikir kreatif yang lainnya.

Kata Kunci  :  Keterampilan, Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah Fisika


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats