PENGARUH METODE PEMBELAJARAN WHOLE BRAIN TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 PALU

Isnawati Isnawati, Yusuf Kendek, Syamsu Syamsu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran Whole Brain Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain “The Equivalen Pretest-Posttest Design”. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes awal adalah 6,53 dan untuk tes akhir adalah 13,26 dari skor ideal yaitu sebesar 20. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor tes awal 6,16 dan untuk tes akhir adalah 9,26 dari skor ideal yaitu sebesar 20. Berdasarkan hasil pengujian N-Gain kedua kelas masing-masing berada dalam kategori berbeda yaitu kelas eksperimen berada dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 48,58 dan kelas kontrol berada dalam kategori rendah dengan nilai N-Gain sebesar 22,34. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 28,34 dan ttabel = 1,68. Ini berarti bahwa nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh metode pembelajaran Whole Brain Teaching terhadap  hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Palu.

Kata Kunci :Whole Brain Teaching; Hasil belajar IPA


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats