Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Hukum Newton pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu

Nursita Nursita, Darsikin Darsikin, Syamsu Syamsu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah hukum newton yang dilihat dari hasil ujian di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan  eksperimen kuasi dengan desain penelitian non equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 4 palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas X MIA II sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA I sebagai kelas kontrol. Instrumen digunakan berupa tes esai. Analisis data menggunakan uji signifikansi (t dua pihak) pada taraf  nyata 0,05 dan dk= 60 dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil uji statistik diperoleh thitung = 3,38 dan ttabel= 2,00 dengan kriteria terima Ho jika -2,00< t < 2,00 dan tolak H0 dalam hal lainnya. Nilai thitung berada diluar penerimaan Ho sehingga H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah hukum newton pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hukum Newton


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats