PENGARUH PEMBELAJARAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP OPTIK pada SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 MARAWOLA

Armaeni Armaeni, Unggul Wahyono, Kamaluddin Kamaluddin

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran laboratorium virtual berbasis inkuiri terhadap pemahaman konsep optik pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Marawola. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian “The Non Equivalen Pretest-Posttest Design” . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Marawola, dengan sampel penelitian kelas XII B sebagai kelas eksperimen berjumlah siswa 21 orang dan kelas XII C  sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor pretest pemahaman konsep siswa kelas eksperimen adalah 9,69 dan untuk posttest adalah 20,43. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor pretest 8,97, untuk posttest adalah 16,45. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t satu pihak diperoleh nilai hasil thitung = 3,12 dan ttabel = 2,02 dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. Penelitian ini menujukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran laboratorium virtual berbasis inkuiri terhadap pemahaman konsep optik pada siswa kelas Xii SMA Negeri 1 Marawola.

Kata Kunci     : Pembelajaran Laboratorium Virtual, Model pembelajaran konvensional, pemahaman konsep  optik


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats