PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURENCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 13 PALU

Febriana Febriana, Fihrin Fihrin, Muhammad Ali

Abstract


Abstrak - Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada konsep listrik dinamis. Subyek penelitian melibatkan 26 siswa kelas IXB SMP Negeri 13 Palu tahun pelajaran 2014/2015. Peningkatkan hasil belajar siswa kelas IXBSMP Negeri 13 Palu dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran sikus I dan siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal 73,10%  dan daya serap klasikal sebesar 70,00%. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 80,80% dan daya serap klasikal sebesar 76,15%. Ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh pada siklus II telah memenuhi standar ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan yaitu di atas 80,00 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Pembelajaran ARIASdapat meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas IXB SMP Negeri 13 Palu.

Kata kunci : Pembelajaran ARIAS, Hasil Belajar, Fisika


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats